"Lagu Panggilan Jihad.mp3"

Minggu, 06 Juni 2010

Fadhilah Asmaul Husna

Asmaul Husna merupakan amalan yang bermanfaat dan mempunyai nilai yang tak terhingga tingginya. “Allah memiliki Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan (menyebut) nama-nama-Nya yang baik itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS. Al A’raf: 180) Katakanlah, “serulah Allah atau serulah ar Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu menyeru-Nya, maka bagi-Nya nama-nama yang baik.” (QS. Al Isra’: 110)

Sebelum membahas tentang rahasia dibalik nama nama Allah itu, kita kaji terlebih dahulu makna terdalam dari Asma'ul Husna satu persatu:

1.Allah

Lafadz ini disebut "Lafdzul Jalalah", yaitu nama allah yang memiliki pengertian dari seluruh nama-nama Allah yang lain dalam Asma'ul Husna. Makna dari kata "Allah" adalah Dzat yang diibadahi dan dijadikan tujuan dari penghambaan, yang memiliki hak penghambaan dan peribadatan atas makhluk-Nya.

2.Ar Rahman

Artinya Maha Pengasih. Dia-lah Yang Maha Pengasih kepada semua makhluk-Nya dengan memberi rahmat serta nikmat dengan tanpa ada perbedan. Allah mengasihi semua makhluk-Nya, bukan saja kepada manusia namun kepada juga hewan serta tumbuhan-tumbuhan dan semua makhluk yang dia ciptakan lewat rahman-Nya, Allah memberikan karunia rizki serta mencukupi semua kebutuhan manusia yang hidup di dunia. Semua karunia itu Dia berikan tanpa membedakan mana yang beriman dan mana yang tidak.

3. Ar Rahim

Artinya Maha penyayang. Bila rahman Allah diberikan kepada semua makhluk ciptaan-Nya tanpa ada pengecualian, termasuk juga kepada seluruh manusia, maka Rahim Allah diberlakukan secara lebih khusus. Sifat rahim Allah terwujut dalam sebuah rahmat yang hanya diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang iman. Karunia rahmat ini nilainya lebih besar ketimbang karunia nikmat yang lebih bersifat materi. Rahmat Allah yang akan diberikan kepada manusia yang mempunyai nilai paling agung adalah kelak diakhirat, yaitu berupa surga dan perjumpaan dengan-Nya.

4. Al Malik

Artinya yang merajai. Allah adalah Dzat yang merajai segala yang ada di dunia ini dan di langit. Semua makhluk ciptaan-Nya tunduk kepada-Nya. Dia-lah raja yang sesungguhnya terhadap semua makhluk ciptaan-Nya.

5. Al Quddus

Artinya Maha Suci. Kata "Al Quddus" diambil dari kata "qaddasa" yang artinya membersihkan. Makna yang terkandung dalam "Al Quddus" adalah Allah maha suci; bersih dari segala kekurangan dalam bentuk apapun. Tak ada sifat-sifat jelek yang melekat [ada-Nya. Meng-quddus-kan Allah atau mensucikan Allah berarti membersihakan-Nya dari sifat-sifat yang kurang sempurna.

6. As Salaam

Artinya Yang Memberi Keselamatan atau Maha Selamat. Pengertian pertama menunjukkan bahwa hanya Allah yang sesungguhnya memberikan keselamatan kepada semua makhluk-Nya. Kalaupun ada keselamatan yang datang dari selain-Nya itu hanyalah merupakan perantara. Selebihnya, sumber dari segala keselamatan sebenarnya hanyalah datang dari Allah.
Sedangkan As Salam dalam pengertian kedua adalah, Allah adalah Dzat yang selamat dari segala sifat-sifat tercela. Selamat dari semua tandingan dari apa saja yang menyerupai dari makhluk-Nya.

7. Al Mu'min

Artinya Yang Memberi keamanan Dia-lah yang memberikan jaminan keamanan kepada semua makhluk. Tak ada satu pun dari makhluk-Nya yang Dia biarkan tanpa adanya penjagaan dan keamanan.

8. Al Muhaimin

Artinya yang mengawasi atau Yang memelihara. Allah adalah Dzat yang Maha Mengawasi segala sesuatu, yang mengawasi perkara-perkara yang tersembunyi maupun juga rahasia-rahasia di dalam dada, dimana Ilmu-Nya meliputi segala sesuatu. Allah adalah Dzat yang Maha memelihara semua makhluk yang Dia ciptakan. Semua makhluk berada dalam pemeliharaan dan pengawasan-Nya.Sekali-kali Allah tak menciptakan makhluk lalu membiarkannya begitu saja.

9
. Al 'Aziz

Artinya Yang Maha Mengalahkan. Allah adalah Dzat yang mengalahkan semua kekuatan yang ada di bumi dan yang ada di-langit. Bahkan kekuatan itu sendiri sebenarnya bersumber dari kekuatan Allah. Dikatakan Allah Al 'Aziz adalah Dia tak tertandingi. Kekuatan-Nya mengalahkan semua kekuatan yang ada.

10
. Al Jabbaar

Artinya Yang Maha Perkasa. Al Jabbaar berkaitan erat dengan Al 'Aziz. Dikatakan Allah Maha Perkasa sebab kekuatan dan kekuasaannya terhadap makhluk tak terkalahkan. Keperkasaan Allah meliputi segala hal. Disinilah terlihat sekali bahwa makhluk begitu kecil dihadapan-Nya.
( BERSAMBUNG )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut