"Lagu Panggilan Jihad.mp3"

Sabtu, 12 Juni 2010

Fadhilah Asmaul Husna ( BAG 2 )

Asmaul Husna merupakan amalan yang bermanfaat dan mempunyai nilai yang tak terhingga tingginya. “Allah memiliki Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan (menyebut) nama-nama-Nya yang baik itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS. Al A’raf: 180) Katakanlah, “serulah Allah atau serulah ar Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu menyeru-Nya, maka bagi-Nya nama-nama yang baik.” (QS. Al Isra’: 110)

Sebelum membahas tentang rahasia dibalik nama nama Allah itu, kita kaji terlebih dahulu makna terdalam dari Asma'ul Husna satu persatu:

11. Al Mutakabbir

Artinya Yang Mempunyai keagungan atau kebesaran. Semua sifat dan Dzat yang dimiliki Allah tak ada yang menyamai-Nya. Allah pun berkuasa atas segala makhluk. Disinilah letak kebesaran dan keagungan Dzat Allah.

Allah Ta'ala berfirman:

"Dialah Allah yang tiada tuhan selain Dia, Raja yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang maha kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan". (Q.S.Al Hasyr:23)

Ayat diatas menunjukkan betapa agungnya Allah; segala sifat dan Dzat yang dimiliki nampak begitu besar hingga tak ada satu pun makhluk ciptaan-Nya yang bisa seperti-Nya. Karena Allah itu Maha Besar dan Maha Agung, maka semua makhluk sebenarnya sangat kecil di hadapan-Nya.

12. Al Khaliq

Artinya Yanng Menciptakan. Dia-lah Yang Menciptakan. Dia-lah Yang Menciptakan semua makhkuk, baik yang hidup di bumi maupun yang hidup di langit. Dia-lah yang menciptakan makhluk sekaligus menciptakan kehidupan bagi mereka. Bumi beserta isinya adalah ciptaan-Nya bukan ada dengan sendirinya. Allah menciptakan makhluk dengan ilmu-Nya dan dengan kehendak-Nya sendiri. Allah adalah Al Khaliq yang tunggal; tak ada sekutu bagi-Nya dalam menciptakan segala sesuatu yang ada.

13. Al Baari

Artinya Yang Melepaskan. Dia-lah yang merencanakan segala sesuatu yang belum dan yang sudah terjadi. Dia-lah Allah Yang Maha melepaskan segala sesuatu yang menjadi ikatan pada semua makhluk-Nya.

14.
Al Mushawwir

Artinya Yang Membentuk. Dia-lah Allah Dzat Yang Maha Menciptakan semua makhluk sekaligus membentuk ciptaan-Nya dengan kehendak-Nya sendiri.

Dalam Al Qur'an Allah berfirman:

"Dialah yang menciptakan, Yanng Mengadakan, Yang Membentuk rupa, Yang mempunyai nama-nama yang paling baik; bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan yang ada di bumi. Dan Dia-lah Yang maha perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al Hasyr: 24)

15. Al Ghaffaar

Artinya Yang Maha Pengampun. Dia-lah yang memberi ampunan kepada hamba-Nya yang mau bertobat. Tak ada makhluk yang mempunyai sifat seperti yang dimiliki oleh Allah ini. Manusia, seberapa pun baiknya mereka, meski punya rasa pemaaf yang tinggi, mungkin sesekali masih punya perasaan tak bisa memaafkan kesalahan orang lain. Namun tidak demikian dengan Allah. Allah adalah Maha Pengampun. Seberapa pun dosa manusia, bahkan jika sampai melebihi isi bumi dan langit, jika mereka benar-benar mau bertobat kepada-Nya, Maka pasti Dia akan membuka pintu maaf-Nya.

Dalam Al Qur'an Allah berfirman:

"Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertobat, beriman, dan beramal sholeh, kemudian tetap di jalan yang benar." (QS. Thaaha:82)

16.
Al Qahhar

Artinya Maha Memaksa, Maha menaklukkan, Maha perkasa.

Allah Ta'ala berfiorman:

"Katakanlah: "Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia-lah Tuhan Yang Maha esa lagi maha Perkasa." ( QS.Ar Ra'd:16)

Dalam ayat lain Allah Ta'ala berfirman:

"(yaitu) hari (ketika) mereka keluar (dari kubur); tiada suatu pun dari keadaan mereka yang tersembunyi bagi Allah. (lalu Allah berfirman): " Kepunyaan siapakah kerajaan pada hari ini? " Kepunyaan Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengetahui." (QS.Al Mukmin:16)

Dalam ayat lain Allah Ta'ala berfirman:

"Dan Dialah yang berkuasa atas sekalian hamba-hamba-Nya. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi maha mengetahui." (QS. Al An'aam:18)

Begitulah, Allah adalah Al Qahhar. Dia-lah Yang memaksa seluruh alam. Semua makhluk tunduk kepada-Nya dan patuh kepada kehendak-Nya.

17. Al Wahhaab

Artinya Yang Maha Memberi. Dia-lah yang sesungguhnya mencukupi semua kebutuhan makhluk hidup di jagat raya ini. Allah selalu memberi kecukupan kepada mereka semua dengan menganugerahkan banyak karunia. Dan karunia ini bisa dinikmati oleh makhluk hidup, meski mereka sebelumnya tidak meminta.

18. Ar Razzaq

Artinya Maha Pemberi Rizki. Dia-lah pemberi rizki kepada semua makhluk ciptaan-Nya: bukan saja kepada makhluk manusia namun juga kepada makhluk yang lain.

19. Al Fattaah

Artinya Pembuka Pintu Rahmat. Sesungguhnya Allah-lah sang pemilik rahmat itu, dan Dia pula yang mempunyai hak sepenuhnya untuk membuka sekaligus memberikan rahmat tersebut kepada siapa saja yang Dia kehendaki.

20. Al 'Aliim

Artimya Yang Maha Mengetahui. Allah adalah Dzat Yang Mengetahui segalanya. Kalau bumi dan langit berjalan atas kekuasaan-Nya dan kalau semua makhluk hidup berada dalam pengawasan-Nya maka tak ada satu pun hal yang bisa luput dari penglilhatan-Nya. Allah mengetahui segala-galanya yang ada di bumi dan yang ada di langit yang besar maupun yang kecil dan yang jelas maupun yang samar ataupun yang tampak maupun yang tersembunyi atau yang di sembunyikan. ( BERSAMBUNG )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut