"Lagu Panggilan Jihad.mp3"

Minggu, 01 Agustus 2010

Fadhilah Asmaul Husna ( BAG 4 )

Asmaul Husna merupakan amalan yang bermanfaat dan mempunyai nilai yang tak terhingga tingginya. “Allah memiliki Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan (menyebut) nama-nama-Nya yang baik itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS. Al A’raf: 180) Katakanlah, “serulah Allah atau serulah ar Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu menyeru-Nya, maka bagi-Nya nama-nama yang baik.” (QS. Al Isra’: 110)

Sebelum membahas tentang rahasia dibalik nama nama Allah itu, kita kaji terlebih dahulu makna terdalam dari Asma'ul Husna satu persatu:

31. Al Lathiif

Artinya Yang Maha lembut. Semua perbuatan Allah sesungguhnya didasarkan pada sifat ini. Dan kelembutan Allah yang diberikan kepada semua makhluk-nya adalah atas dasar sifat rahman dan rahim-Nya.

32. Al-Khabiir

Artinya Yang Maha Memberitakan. Allah adalah Dzat Yang selalu memberitakan kepada semua hamba-Nya tentang segala hal yang dibutuhkan dan tentang hal yang bisa menyelamatkan atau menyesatkan. Sebagai sebentuk sifat Al Khabiir ini Allah mengutus para nabi dan Rasul supaya manusia mengetahui dan memahami tentang kabar-kabar yang patut untuk didengar dan dilaksanakan.

33. Al Haliim

Artinya Yang Maha Penyantun. Allah adalah Dzat yang paling penyantun. Allah memperlakukan semua makhluk-Nya dengan sifat penyantun ini. Makanya tak ada satupun dari ciptaan-Nya yang tak sempurna. Semua itu karena Allah menciptakan sekaligus memelihara semua makhluk dengan penuh rasa santun.

34.Al Adziim

Artinya Dia-lah Dzat Yang Maha Agung. Keagungan Allah meliputi segala sifat dan Dzat-Nya.

35.Al Ghafuur

Artunya Yang Maha Pengampun. Dia-lah Dzat Yang Maha Pengampun. Dia-lah Yang memberi ampun kepada hambanya-Nya yang mau bertobat. Pintu pengampunan Allah terus terbuka bagi siapa saja yang ingin bertobat meski dengan membawa segudang dosa dan salah.

36. Asy Syukuur

Artinya Yang Berterima Kasih, Maha Membalas. Dia-lah Dzat yang sangat berterima kasih. Dan Dia-lah Yang Maha Membalas semua perbuatan manusia, baik buruknya dengan balasan yang setimpal.

37. Al 'Aliy

Artinya Yang Maha Tinggi. Dia-lah Dzat Yang Maha Tinggi martabat-Nya. Tak ada yang mengungguli keagungan Allah. Tak ada makhluk yang mempunyai kedudukan tinggi melebihi kedudukan Allah, bahkan menyamai pun tak akan pernah ada.

38. Al Kabiir

Artinya Yang Maha Besar. Dia-lah Dzat Yang Maha Besar. Kebesaran Allah meliputi semua Dzat dan sifat-Nya yang tak ada satupun makhluk yang menyamai-Nya.

39. Al Hafiidz

Artinya Yang Maha Memelihara. Dia-lah dzat yang melindungi dan memelihara. Melindungi makhluk-Nya dari kerusakan dan bahaya. Dia-lah yang menciptakan semua makhluk tanpa membiarkan mereka begitu saja, namun Dia terus dan selalu memberikan perlindungan-Nya dan terus memelihara mereka semua.

40. Al Muqiith

Artinya Yang Memberi Makanan. Dia-lah Allah Dzat Yang menciptakan makhluk sekaligus memberikan jatah makan bagi mereka. Tak ada satu pun makhluk di bumi ini yang tak diberi jatah makan dari Allah. Allah sudah menurunkan rizki-Nya yang dengan itu makhluk bisa memanfaatkannya untuk kelangsungan hidup mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut