"Lagu Panggilan Jihad.mp3"

Jumat, 23 Juli 2010

MENGADU DOMBA

Janganlah suka mengadu domba, karena perbuatan itu termasuk dosa besar. Apakah selama ini engkau suka mengabarkan kabar bohong yang engkau buat-buat kepada orang lain, agar mereka menjadi bermusuhan? Tindakan mengadu domba termasuk fitnah yang cukup membahayakan bagi tatanan sosial bermasyarakat.

Jangan engkau menjatuhkan martabat orang lain sehingga mereka saling menjatuhkan dan benci-membenci. Akibat perbuatan adu domba, antar manusia berkelahi, antar kelompok menjadi bertengkar dan tak menutup kemungkinan terjadi pertumpahan darah.

Orang yang suka mengadu domba cenderung menjadi munafik, karena ia bermuka dua. Ia mendatangi seseorang dengan muka lain, kemudian kepada orang lainnya juga dengan muka lain, Ia suka memutarbalikkan fakta. Oleh karena itu jauhilah sebisa mungkin perbuatan adu domba.

Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yangbanyak bersumpah lagi hina, yang banyak mencela, yang kian kesana kemari menghambur finah. QS. Al Qalam ayat 10-11

Sabda Rasulullah Saw. yang diriwayatkan oleh Jama'ah dan Ibnu Khuzaimah.

Sesungguhnya Penghuni dua kubur ini disiksa, dan keduanya tidak disiksa karena masalah besar tetapi karena dosa besar, salah satu dari keduanya adalah karena tidak mau bersuci sehabis kencing, sedang yang lain adalah karena berjalan kesana kemari dengan menyebarkan fitnah.

Sabda Rasulullah saw. yang diriwayatkan oleh Imam bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah:

Kalian akan menjumpai sejelek-jeleknya manusia yaitu yang mempunyai dua muka yakni orang yang datang pada suatu kaum dengan satu muka dan datang pada suatu kaum yang lain dengan muka satu muka yang lain. Dan barang siapa yang mempunyai dua lisan di dunia maka sesungguhnya Allah pada hari kiamat akan menjadikan baginya dua lisan di neraka di hari kiamat.

Sabda Rasulullah saw. yang diriwayat oleh Abu Daud dan At Turmudzi:

Tidak akan masuk surga orang yang suka menghamburkan fitnah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut