"Lagu Panggilan Jihad.mp3"

Senin, 28 Juni 2010

Fadhilah Asmaul Husna ( BAG 3 )

Asmaul Husna merupakan amalan yang bermanfaat dan mempunyai nilai yang tak terhingga tingginya. “Allah memiliki Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan (menyebut) nama-nama-Nya yang baik itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS. Al A’raf: 180) Katakanlah, “serulah Allah atau serulah ar Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu menyeru-Nya, maka bagi-Nya nama-nama yang baik.” (QS. Al Isra’: 110)

Sebelum membahas tentang rahasia dibalik nama nama Allah itu, kita kaji terlebih dahulu makna terdalam dari Asma'ul Husna satu persatu:

21 - Al Qaabidh

Artinya Yang Menyempitkan Rizqi. Disamping Allah maha memberi rizqi, Dia pun Maha Menyempitkan rizqi. Urusan rizqi sesungguhnya adalah hak Allah. Sepenuhnya Allah punya kewenangan untuk membagikan rizqi-Nya. Dia-lah yang memberi rizqi kepada siapa saja yang dikehendaki dan Dia pula yang menyempitkan rizqi siapa saja yang Dia inginkan.

22 - Al Baasith

Artinya Yang Melapangkan Rizqi. Dia-lah yang melapangkan rizqi bagi makhluk-Nya. Dia-lah yang memberi keanugrahan banyak rizqi kepada makhluk-makhluk-Nya sesuai dengan kehendak-Nya. Seseorang yang mendapatkan kelapangan rizqi sesungguhnya bukan atas dasar hasil kerja kerasnya, melainkan hal itu adalah karena dilapangkannya rizqinya oleh Allah.

23 - Al Khaafidh

Artinya Yang merendahkan Derajat. Dia-lah Dzat yang menurunkan derajat seseorang menurut kehendak-Nya begitu juga Dia-lah yang meninggikan derajat seseorang dengan kehendak-Nya.

24 - Ar Raafi'

Artinya Yang Meninggikan Derajat. Dia-lah Dzat yang meninggikan derajat orang yang dikehendaki-Nya. Tidak ada satupun kekuatan yang bisa mencegah kehendak Allah dalam meninggikan derajat hamba-Nya. Dia-lah yang punya kemuliaan derajat sekaligus Dia-lah yang akan memberikan ketinggian derajat itu kepada siapa saja yang Dia kehendaki.

25 - Al Mu'iz

Artinya Yang Memuliakan. Dia-lah Dzat yang memberi kemuliaan derajat dan kekuatan serta kemenangan kepada hamba-Nya.

26 - Al Mudzil

Artinya Yang menghinakan. Dia-lah Dzat yang merendahkan serta menghinakan kepada makhluk-Nya. Jika Allah sudah merendahkan derajat seorang hamba, maka tak ada satupun selain-Nya yang mampu memuliakannya. Merendahkan derajat atau meninggikannya dan memuliakan derajat atau merendahkannya adalah sepenuhnya atas kehendak Allah.

Allah berfirman :

" Katakanlah, " Wahai Tuhan Yang Mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau Kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Ditangan-Mulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. " ( QS. Ali Imran : 26 )

27 - As Samii'

Artinya Yang Maha Mendengar. Dia-lah Dzat Yang Maha Mendengar. Segala suara segala ucapan bahkan segala bisikan baik yang terkatakan maupun yang tersembunyi dalam hati.

28 - Al Bashiir

Artinya Yang Maha Melihat. Dia-lah Dzat yang melihat segala yang ada, yang nampak maupun yang tidak, yang terselubung maupun yang nyata, dan yang dzahir maupun yang batin dan yang konkrit maupun yang abstrak.

29 - Al Hakam

Artinya Yang Memberi Keputusan. Allah adalah Dzat yang membuat keputusan dan memutuskan segala hal yang ada. Disini Allah adalah Sang Pembuat hukum. Segala aturan Allah-lah yang menentukan.

Rasulullah SAW bersabda :

" Sesungguhnya Allah adalah Al Hakam, dan Kepada-Nyalah hukum diputuskan "

30 - Al 'Adl

Artinya Yang Maha Adil Allah adalah Dzat Yang Maha adil. Keadilan Allah tak bisa diukur dengan keadilan yang berlaku pada kehidupan manusia. Keadilan yang diberlakukan Allah adalah keadilan yang benar-benar adil tanpa ada hal-hal lain yang mempengaruhi keadilan-Nya. ( Bersambung )

Selasa, 22 Juni 2010

MENOLAK TAKDIR ALLAH

Apabila engkau tidak mengakui bahwa segala peristiwa, baik yang menimpa dirimu atau orang lain di dunia ini atas kehendak Allah, maka berarti engkau telah melawan/menolak takdir, Misalnya, engkau tidak mengakui bahwa musibah yang menimpa dirimu atau keluargamu itu atas kehendak-Nya. Atau, keberhasilanmu dalam meraih sesuatu kau akui sebagai jerih payahmu semata tanpa menganggap campur tangan kekuasaan Allah.

Takdir Adalah ketetapan Allah atas segala makhluk yang telah diciptakan-Nya, Makhluk hanya bisa berusaha/berikhtiar, sedangkan Allah yang menentukan hasil akhir, Jika engkau menolak takdir, maka berarti dirimu telah masuk dalam kubangan dosa besar.

Sesungguhnya banyak keterangan, baik dalam Al Qur'an maupun Hadits tentang takdir Allah swt. Yakin bahwa takdir itu Allah yang berkendak adalah merupakan salah satu dari enam rukun iman. Jika engkau menolak takdir, berarti keimananmu tidak sempurna.

Menolak takdir maksudnya marah, tidak suka, menyatakan tidak puas hati dan yang paling ringan ialah mengeluh tanda tidak rela, Sebaik-baik orang yang bercinta ialah dia ridha dengan perbuatan kekasihnya. Apakah perbuatan Allah semuanya baik untuk makhluk-Nya? Ya! Sesungguhnya Allah tidak pernah menzalimi hamba-Nya melainkan mereka memilih kezaliman itu sendiri. Ada hikmah di sebalik musibah dan mesti ada kebaikan yang masih tersembunyi bagi mereka yang rela dan sabar. Segala takdir manusia itu berada pada ketentuan ilmu Allah, tiada seorang hamba mengetahui rahasia takdir Allah.

“Apabila kamu ditimpa musibah janganlah kamu katakan: “Sungguh seandainya saya berbuat begini, nescaya akan jadi begini dan begini, tetapi katakanlah: Ini semua ketentuan Allah dan apa yang Dia kehendaki pasti terjadi, sesungguhnya ungkapan ’seandainya’ itu membuka peluang bagi perbuatan syaitan.” (Hadis riwayat Imam Muslim)

Doa Dapat Menolak Takdir

Bersabda Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam: “Tidak ada yang dapat menolak taqdir (ketentuan) Allah ta’aala selain do’a. Dan Tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik.” (HR Tirmidzi 2065)

Subhanallah…! Betapa luar biasa kedudukan do’a dalam ajaran Islam. Dengan do’a seseorang bisa berharap bahwa taqdir yang Allah ta’aala tentukan atas dirinya berubah. Hal ini merupakan sebuah berita gembira bagi siapapun yang selama ini merasa hidupnya hanya diwarnai penderitaan dari waktu ke waktu. Ia akan menjadi orang yang optimis. Sebab keadaan hidupnya yang selama ini dirasakan hanya berisi kesengsaraan dapat berakhir dan berubah. Asal ia tidak berputus asa dari rahmat Allah ta’aala dan ia mau bersungguh-sungguh meminta dengan do’a yang tulus kepada Allah ta’aala Yang Maha Berkuasa

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah ta’aala mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS Az-Zumar 53-54)

Demikianlah, hanya orang yang tetap berharap kepada Allah ta’aala saja yang dapat bertahan menjalani kehidupan di dunia betapapun pahitnya taqdir yang ia jalani. Ia akan senantiasa menanamkan dalam dirinya bahwa jika ia memohon kepada Allah ta’aala dalam keadaan apapun, maka derita dan kesulitan yang ia hadapi sangat mungkin berakhir dan bahkan berubah

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Tuhanmu berfirman, “Berdo`alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS Al-Mu’min 60)

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِي دِينِي الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الَّتِي فِيهَا مَعَاشِي وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الَّتِي فِيهَا مَعَادِي وَاجْعَلْ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلْ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ


“Ya Allah, perbaikilah agamaku untukku yang mana ia merupakan penjaga perkaraku. Perbaikilah duniaku yang di dalamnya terdapat kehidupanku. Perbaikilah akhiratku untukku yang di dalamnya terdapat tempat kembaliku. Jadikanlah hidupku sebagai tambahan untukku dalam setiap kebaikan, serta jadikanlah matiku sebagai istirahat untukku dari segala keburukan.” (HR Muslim 4897)

Sabtu, 19 Juni 2010

Jangan Merasa Diri paling Shaleh

”Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu.”(QS, al-Hujurat [49]: 13)

Dua orang laki-laki bersaudara. Mereka sudah yatim piatu sejak remaja. Keduanya bekerja pada sebuah pabrik kecap di jalan perintis kemerdekaan,kawalu TASIKMALAYA :-))

Mereka hidup rukun, dan sama-sama tekun belajar agama. Mereka berusaha mengamalkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari semaksimal mungkin.

Untuk datang ke tempat pengajian, mereka acap kali harus berjalan kaki untuk sampai ke rumah Sang ustadz. jaraknya sekitar 10 km dari rumah peninggalan orangtua mereka.

Suatu ketika sang kakak berdo’a memohon rejeki untuk membeli sebuah mobil supaya dapat dipergunakan untuk sarana angkutan dia dan adiknya, bila pergi mengaji. Allah mengabulkannya, jabatannya naik, dia menjadi kepercayaan sang direktur. Dan tak lama kemudian sebuah mobil dapat dia miliki. Dia mendapatkan bonus karena omzet perusahaannya naik.

Lalu sang kakak berdo’a memohon seorang istri yang sempurna, Allah mengabulkannya, tak lama kemudian sang kakak bersanding dengan seorang gadis yang cantik serta baik akhlaknya.

Kemudian berturut-turut sang kakak berdo’a memohon kepada Allah akan sebuah rumah yang nyaman, pekerjaan yang layak, dan lain-lain. Dengan itikad supaya bisa lebih ringan dalam mendekatkan diri kepada Allah. Dan Allah selalu mengabulkan semua do’anya itu.

Sementara itu, sang Adik tidak ada perubahan sama sekali, hidupnya tetap sederhana, tinggal di rumah peninggalan orang tuanya yang dulu dia tempati bersama dengan Kakaknya. Namun karena kakaknya sangat sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak dapat mengikuti pengajian, maka sang adik sering kali harus berjalan kaki untuk mengaji ke rumah guru mereka.

Suatu saat sang Kakak merenungkan dan membandingkan perjalanan hidupnya dengan perjalanan hidup adiknya. Dia dia teringat bahwa adiknya selalu membaca selembar kertas saat dia berdo’a, menandakan adiknya tidak pernah hafal bacaan untuk berdo’a.

Lalu datanglah ia kepada adiknya untuk menasihati adiknya supaya selalu berdo’a kepada Allah dan berupaya untuk membersihkan hatinya, ” Dik, sesungguh ketidak mampuan kita menghapal quran, hadits dan bacaan doa. bisa jadi karena hati kita kurang bersih.. “

Sang adik mengangguk, hatinya terenyuh dan merasa sangat bersyukur sekali mempunyai kakak yang begitu menyayanginya, dan dia mengucapkan terima kasih kepada kakaknya atas nasihat itu.

Suatu saat sang adik meninggal dunia, sang kakak merasa sedih karena sampai meninggalnya adiknya itu tidak ada perubahan pada nasibnya sehingga dia merasa yakin kalau adiknya itu meninggal dalam keadaan kotor hatinya sehubungan do’anya tak pernah terkabul.

Sang kakak membereskan rumah peninggalan orang tuanya sesuai dengan amanah adiknya untuk dijadikan sebuah mesjid. Tiba-tiba matanya tertuju pada selembar kertas yang terlipat dalam sajadah yang biasa dipakai oleh adiknya yang berisi tulisan do’a, diantaranya Al-fatehah, Shalawat, do’a untuk guru mereka, do’a selamat dan ada kalimah di akhir do’anya:
“Ya, Allah. tiada sesuatupun yang luput dari pengetahuan Mu,
Ampunilah aku dan kakak ku, kabulkanlah segala do’a kakak ku,
Jadikan Kakakku selalu dalam lindungan dan cinta-Mu,
Bersihkanlah hati ku dan berikanlah kemuliaan hidup untuk kakakku
di dunia dan akhirat.”

Sang kakak berlinang air mata dan haru biru memenuhi dadanya.Dia telah salah menilai adiknya. Tak dinyana ternyata adiknya tak pernah sekalipun berdo’a untuk memenuhi nafsu duniawinya.

Kekayaan, kemiskinan, kebaikan, keburukan dan setiap musibah yang menimpa manusia merupakan ujian dari Allah swt. yang diberikan kepada hambanya. Itu bukan ukuran kemuliaan atau kehinaan seseorang. Janganlah bangga karena kekayaan dan janganlah putus asa karena kemiskinan.

Cerita ini begitu menyen.......tuh , semoga dapat menjadikan hikmah bagi kita semua,Amiiin

copas note: OM GAN

Peringatan Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat

Ada beberapa ayat Al-Qur'an dan hadits-hadits Nabi shallallaahu alaihi wasallam yang merupakan peringatan bagi orang yang meninggal-kan shalat dan mengakhirkannya dari waktu yang semes-tinya, di antaranya:

Allah ‘Azzauta/alla berfirman:

“Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman”. (Adz-Dzariyat 55)

“Oleh sebab itu berikanlah peringatan karena peringatan itu bermanfaat,(“A l-A’la: 9)

“Maka berilah peringatan,karena sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang memberi peringatan (AL Ghosiyah:21)

Sabda Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam:

"Perjanjian antara kita dengan mereka (orang munafik) adalah shalat, barangsiapa meninggalkannya maka sesungguhnya ia telah kafir." (HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan An-Nasai, hadits shahih)

Barangsiapa menjaga shalatnya maka shalat tersebut akan menjadi cahaya, bukti dan keselamatan baginya pada hari Kiamat nanti. Dan barangsiapa tidak men-jaga shalatnya, maka dia tidak akan memiliki cahaya, tidak pula bukti serta tidak akan selamat. Kemudian pada hari Kiamat nanti dia akan (dikumpulkan) ber-sama-sama dengan Qarun, Fir'aun, Haman dan Ubay Ibnu Khalaf." (HR. Ahmad, At-Thabrani dan Ibnu Hibban, hadits shahih) "

Agar semua mengetahui bahwa Allah menciptakan makhluk-NYA supaya mereka beribadah kepada-NYA dan mentaati-NYA,dan tidaklah Allah menciptakan makhluk-NYA kemudian di biarkan begitu saja atau sekedar iseng(sia-sia).Akan tetapi ironisnya, sebagian manusia mulai meremehkan urusan-urusan dien-nya dan mulai merebaklah dosa-dosa besar,dosa-dosa kecil dan bid`ah,kemudian hal itu semakin bertambah hingga tak seorangpun dapat mengelak darinya melainkan orang yang di rahmati Allah.Pada kesempatan kali ini saya akan berbicara tentang dosa besar yang termasuk dosa paling besar,yakni meninggalkan sholat dengan sengaja.yang mana kta hidup sedangkan orang yang serumah dengan kita,satu kantor dengan kita ada yang tidak mengerjakan sholat,sedang kita tidak mengingatkannya,tak menasehatinya.

Selasa, 15 Juni 2010

Keutamaan Shalat

Sesungguhnya shalat adalah tiang agama, dan shalat merupakan pilar terkuat dalam rukun Islam yang lima setelah syahadat. Dan posisi shalat dalam agama bagaikan posisi kepala pada tubuh seseorang. Seperti halnya seseorang takkan hidup tanpa kepala, maka seseorang tidak dianggap beragama tanpa melaksanakan shalat. Demikianlah keterangan yang terdapat dalam hadits

Shalat adl ibadah yg utama dan berpahala sangat besar. Banyak hadits-hadits yg menerangkan hal itu akan tetapi dalam kesempatan ini kita cukup menyebutkan beberapa di antaranya sebagai berikut

1. Ketika Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam ditanya tentang amal yang paling utama, beliau menjawab:
"Shalat pada waktunya". (Muttafaq 'alaih)

2. Sabda Rasulullahshallallaahu alaihi wasallam :

"Bagaimana pendapat kamu sekalian, seandainya di depan pintu masuk rumah salah seorang di antara kamu ada sebuah sungai, kemudian ia mandi di sungai itu lima kali dalam sehari, apakah masih ada kotoran yang melekat di badannya?" Para sahabat menjawab: "Tidak akan tersisa sedikit pun kotoran di badannya." Bersabda Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam: "Maka begitu pulalah perumpamaan shalat lima kali sehari semalam, dengan shalat itu Allah akan menghapus semua dosa." (Muttafaq 'alaih)

3. Sabda Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam

"Tidak ada seorang muslim pun yang ketika shalat fardhu telah tiba kemudian dia berwudhu' dengan baik dan memperbagus kekhusyu'annya (dalam shalat) serta ru-ku'nya, terkecuali hal itu merupakan penghapus dosanya yang telah lalu selama dia tidak melakukan dosa besar, dan hal itu berlaku sepanjang tahun itu." (HR. Muslim)

4. Sabda Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam:

"Pokok segala perkara itu adalah Al-Islam dan tonggak Islam itu adalah shalat, dan puncak Islam itu adalah jihad di jalan Allah." (HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan lainnya, hadits shahih)

Allah swt berfirman, “Dan dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat mencegah perbuatan keji dan munkar, dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-badah yang lain).”

Minggu, 13 Juni 2010

Hukum Shalat

Shalat hukumnya fardhu bagi setiap orang yang beriman, baik laki-laki maupun perempuan. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah memerintahkan kita untuk mendirikan shalat, sebagai-mana disebutkan dalam beberapa ayat Al-Qur'anul Karim. Di antaranya adalah firman Allah Ta'ala:

"Maka dirikanlah shalat itu, sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (An-Nisa': 103)

"Peliharalah segala shalat(mu) dan (peliharalah) shalat wusthaa (shalat Ashar)." (Al-Baqarah: 238)

Dan Rasulullah menempatkannya sebagai rukun yang kedua di antara rukun-rukun Islam yang lima, seba-gaimana sabdanya yang berbunyi:


"Islam itu dibangun berdasarkan rukun yang lima; yaitu: Bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang haq selain Allah dan Nabi Muhammad itu utusanNya, mendirikan shalat, membayar zakat, melaksanakan ibadah haji ke Baitullah dan berpuasa di bulan Ramadhan." (Muttafaq 'alaih)

Oleh karena itulah, maka orang yang meninggalkan shalat itu hukumnya kafir dan dilaksanakan hukum bunuh terhadapnya, sedangkan orang yang melalaikan shalat dihukumi sebagai orang fasik.

Keutamaan Ayat Kursi

Ayat Kursi yang sangat istimewa dan mengandungi pemahaman tauhid pada ultimate level (tauhid al-wujud). Begitu istimewanya sehingga Sayidina Ali tidak pernah melewatkan malam tanpa membaca ayat Kursi,Apa lagi kita yang mempunyai banyak kelemahan, dosa-dosa dan pelbagai penyakit kalbu. Sudah tentulah kita harus lebih banyak membaca dan mengamalkan ayat kursi untuk membentengi diri kita dari pelbagai kejahatan jin mahupun manusia,

Dapat menjauhkan diri kita dari godaan setan, terutama jika dibaca sebelum tidur, Dimudahkan masuk ke dalam jannah bagi yang membacanya.

Dalam kisah lain diriwayatkan Ubay bin Ka’b radhiallahu ‘anhu, disebutkan bahwa si jin mengatakan:

مَنْ قَالَهَا حِينَ يُمْسِي أُجِيرَ مِنَّا حَتَّى يُصْبِحَ ، وَمَنْ قَالَهَا حِينَ يُصْبِحُ أُجِيرَ مِنَّا حَتَّى يُمْسِيَ

“Barangsiapa membacanya ketika sore, ia akan dilindungi dari kami sampai pagi. Barangsiapa membacanya ketika pagi, ia akan dilindungi sampai sore.” (HR. ath-Thabrani)

Dalam hadits yang lain, Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

“Barangsiapa membaca ayat kursi setelah setiap shalat wajib, tidak ada yang menghalanginya dari masuk surga selain kematian.” (HR. ath-Thabrani)

Ayat kursi dianjurkan juga untuk dibaca setiap ba’da sholat lima waktu. Jika seseorang melaziminya, maka ini menjadi garansi bagainya untuk dapat meraih jannah, sebagaimana dijelaskan dalam riwayat berikut:


Dari Abu Umamah Al-Bahili Radhiyallahu anhu ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa membaca Ayat Kursi dipenghujung setiap sholat maka tidak ada yang menghalangi orang tersebut dengan surga kecuali maut.

Ayat kursi merupakan ayat Al Qur’an yang paling agung.
Hal ini sebagaimana hasil dialog yang dilakukan antara Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam dan Abu Mundzir Radhiyallahu anhu :

“Dari Ubay bin Kaab ia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Hai Abu Mundzir, tahukah engkau ayat mana dari AL Qur’an yang menurutmu paling agung? Aku menjawab: “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.” Beliau bertanya lagi: ” Hai Abu Mundzir, tahukah engkau ayat mana dari Al Qur’an yang menurutmu paling agung? Aku menjawab: “Allahu Laa Ilaaha Illa Huwal Hayyul Qayyuum.” Ia (Abu Mundzir) berkata: “Lalu beliaupun menepuk dadaku seraya berkata: “Demi Allah, mudah-mudahan engkau dimudahkan untuk memperoleh ilmu hai Abu Mundzir.” (HR. Muslim )

“…tiada kehidupan untuk hati, tidak ada kesenangan dan ketenangan baginya, kecuali dengan mengenal Rabbnya, Sesembahan dan Penciptanya, dengan Asma’, Sifat dan Af’al (perbuatan)-Nya, dan seiring dengan itu mencintai-Nya lebih dari yang lain, dan berusaha mendekatkan diri kepada-Nya tanpa yang lain…”

Sabtu, 12 Juni 2010

Fadhilah Asmaul Husna ( BAG 2 )

Asmaul Husna merupakan amalan yang bermanfaat dan mempunyai nilai yang tak terhingga tingginya. “Allah memiliki Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan (menyebut) nama-nama-Nya yang baik itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS. Al A’raf: 180) Katakanlah, “serulah Allah atau serulah ar Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu menyeru-Nya, maka bagi-Nya nama-nama yang baik.” (QS. Al Isra’: 110)

Sebelum membahas tentang rahasia dibalik nama nama Allah itu, kita kaji terlebih dahulu makna terdalam dari Asma'ul Husna satu persatu:

11. Al Mutakabbir

Artinya Yang Mempunyai keagungan atau kebesaran. Semua sifat dan Dzat yang dimiliki Allah tak ada yang menyamai-Nya. Allah pun berkuasa atas segala makhluk. Disinilah letak kebesaran dan keagungan Dzat Allah.

Allah Ta'ala berfirman:

"Dialah Allah yang tiada tuhan selain Dia, Raja yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang maha kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan". (Q.S.Al Hasyr:23)

Ayat diatas menunjukkan betapa agungnya Allah; segala sifat dan Dzat yang dimiliki nampak begitu besar hingga tak ada satu pun makhluk ciptaan-Nya yang bisa seperti-Nya. Karena Allah itu Maha Besar dan Maha Agung, maka semua makhluk sebenarnya sangat kecil di hadapan-Nya.

12. Al Khaliq

Artinya Yanng Menciptakan. Dia-lah Yang Menciptakan. Dia-lah Yang Menciptakan semua makhkuk, baik yang hidup di bumi maupun yang hidup di langit. Dia-lah yang menciptakan makhluk sekaligus menciptakan kehidupan bagi mereka. Bumi beserta isinya adalah ciptaan-Nya bukan ada dengan sendirinya. Allah menciptakan makhluk dengan ilmu-Nya dan dengan kehendak-Nya sendiri. Allah adalah Al Khaliq yang tunggal; tak ada sekutu bagi-Nya dalam menciptakan segala sesuatu yang ada.

13. Al Baari

Artinya Yang Melepaskan. Dia-lah yang merencanakan segala sesuatu yang belum dan yang sudah terjadi. Dia-lah Allah Yang Maha melepaskan segala sesuatu yang menjadi ikatan pada semua makhluk-Nya.

14.
Al Mushawwir

Artinya Yang Membentuk. Dia-lah Allah Dzat Yang Maha Menciptakan semua makhluk sekaligus membentuk ciptaan-Nya dengan kehendak-Nya sendiri.

Dalam Al Qur'an Allah berfirman:

"Dialah yang menciptakan, Yanng Mengadakan, Yang Membentuk rupa, Yang mempunyai nama-nama yang paling baik; bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan yang ada di bumi. Dan Dia-lah Yang maha perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al Hasyr: 24)

15. Al Ghaffaar

Artinya Yang Maha Pengampun. Dia-lah yang memberi ampunan kepada hamba-Nya yang mau bertobat. Tak ada makhluk yang mempunyai sifat seperti yang dimiliki oleh Allah ini. Manusia, seberapa pun baiknya mereka, meski punya rasa pemaaf yang tinggi, mungkin sesekali masih punya perasaan tak bisa memaafkan kesalahan orang lain. Namun tidak demikian dengan Allah. Allah adalah Maha Pengampun. Seberapa pun dosa manusia, bahkan jika sampai melebihi isi bumi dan langit, jika mereka benar-benar mau bertobat kepada-Nya, Maka pasti Dia akan membuka pintu maaf-Nya.

Dalam Al Qur'an Allah berfirman:

"Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertobat, beriman, dan beramal sholeh, kemudian tetap di jalan yang benar." (QS. Thaaha:82)

16.
Al Qahhar

Artinya Maha Memaksa, Maha menaklukkan, Maha perkasa.

Allah Ta'ala berfiorman:

"Katakanlah: "Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia-lah Tuhan Yang Maha esa lagi maha Perkasa." ( QS.Ar Ra'd:16)

Dalam ayat lain Allah Ta'ala berfirman:

"(yaitu) hari (ketika) mereka keluar (dari kubur); tiada suatu pun dari keadaan mereka yang tersembunyi bagi Allah. (lalu Allah berfirman): " Kepunyaan siapakah kerajaan pada hari ini? " Kepunyaan Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengetahui." (QS.Al Mukmin:16)

Dalam ayat lain Allah Ta'ala berfirman:

"Dan Dialah yang berkuasa atas sekalian hamba-hamba-Nya. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi maha mengetahui." (QS. Al An'aam:18)

Begitulah, Allah adalah Al Qahhar. Dia-lah Yang memaksa seluruh alam. Semua makhluk tunduk kepada-Nya dan patuh kepada kehendak-Nya.

17. Al Wahhaab

Artinya Yang Maha Memberi. Dia-lah yang sesungguhnya mencukupi semua kebutuhan makhluk hidup di jagat raya ini. Allah selalu memberi kecukupan kepada mereka semua dengan menganugerahkan banyak karunia. Dan karunia ini bisa dinikmati oleh makhluk hidup, meski mereka sebelumnya tidak meminta.

18. Ar Razzaq

Artinya Maha Pemberi Rizki. Dia-lah pemberi rizki kepada semua makhluk ciptaan-Nya: bukan saja kepada makhluk manusia namun juga kepada makhluk yang lain.

19. Al Fattaah

Artinya Pembuka Pintu Rahmat. Sesungguhnya Allah-lah sang pemilik rahmat itu, dan Dia pula yang mempunyai hak sepenuhnya untuk membuka sekaligus memberikan rahmat tersebut kepada siapa saja yang Dia kehendaki.

20. Al 'Aliim

Artimya Yang Maha Mengetahui. Allah adalah Dzat Yang Mengetahui segalanya. Kalau bumi dan langit berjalan atas kekuasaan-Nya dan kalau semua makhluk hidup berada dalam pengawasan-Nya maka tak ada satu pun hal yang bisa luput dari penglilhatan-Nya. Allah mengetahui segala-galanya yang ada di bumi dan yang ada di langit yang besar maupun yang kecil dan yang jelas maupun yang samar ataupun yang tampak maupun yang tersembunyi atau yang di sembunyikan. ( BERSAMBUNG )

Minggu, 06 Juni 2010

Fadhilah Asmaul Husna

Asmaul Husna merupakan amalan yang bermanfaat dan mempunyai nilai yang tak terhingga tingginya. “Allah memiliki Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan (menyebut) nama-nama-Nya yang baik itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS. Al A’raf: 180) Katakanlah, “serulah Allah atau serulah ar Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu menyeru-Nya, maka bagi-Nya nama-nama yang baik.” (QS. Al Isra’: 110)

Sebelum membahas tentang rahasia dibalik nama nama Allah itu, kita kaji terlebih dahulu makna terdalam dari Asma'ul Husna satu persatu:

1.Allah

Lafadz ini disebut "Lafdzul Jalalah", yaitu nama allah yang memiliki pengertian dari seluruh nama-nama Allah yang lain dalam Asma'ul Husna. Makna dari kata "Allah" adalah Dzat yang diibadahi dan dijadikan tujuan dari penghambaan, yang memiliki hak penghambaan dan peribadatan atas makhluk-Nya.

2.Ar Rahman

Artinya Maha Pengasih. Dia-lah Yang Maha Pengasih kepada semua makhluk-Nya dengan memberi rahmat serta nikmat dengan tanpa ada perbedan. Allah mengasihi semua makhluk-Nya, bukan saja kepada manusia namun kepada juga hewan serta tumbuhan-tumbuhan dan semua makhluk yang dia ciptakan lewat rahman-Nya, Allah memberikan karunia rizki serta mencukupi semua kebutuhan manusia yang hidup di dunia. Semua karunia itu Dia berikan tanpa membedakan mana yang beriman dan mana yang tidak.

3. Ar Rahim

Artinya Maha penyayang. Bila rahman Allah diberikan kepada semua makhluk ciptaan-Nya tanpa ada pengecualian, termasuk juga kepada seluruh manusia, maka Rahim Allah diberlakukan secara lebih khusus. Sifat rahim Allah terwujut dalam sebuah rahmat yang hanya diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang iman. Karunia rahmat ini nilainya lebih besar ketimbang karunia nikmat yang lebih bersifat materi. Rahmat Allah yang akan diberikan kepada manusia yang mempunyai nilai paling agung adalah kelak diakhirat, yaitu berupa surga dan perjumpaan dengan-Nya.

4. Al Malik

Artinya yang merajai. Allah adalah Dzat yang merajai segala yang ada di dunia ini dan di langit. Semua makhluk ciptaan-Nya tunduk kepada-Nya. Dia-lah raja yang sesungguhnya terhadap semua makhluk ciptaan-Nya.

5. Al Quddus

Artinya Maha Suci. Kata "Al Quddus" diambil dari kata "qaddasa" yang artinya membersihkan. Makna yang terkandung dalam "Al Quddus" adalah Allah maha suci; bersih dari segala kekurangan dalam bentuk apapun. Tak ada sifat-sifat jelek yang melekat [ada-Nya. Meng-quddus-kan Allah atau mensucikan Allah berarti membersihakan-Nya dari sifat-sifat yang kurang sempurna.

6. As Salaam

Artinya Yang Memberi Keselamatan atau Maha Selamat. Pengertian pertama menunjukkan bahwa hanya Allah yang sesungguhnya memberikan keselamatan kepada semua makhluk-Nya. Kalaupun ada keselamatan yang datang dari selain-Nya itu hanyalah merupakan perantara. Selebihnya, sumber dari segala keselamatan sebenarnya hanyalah datang dari Allah.
Sedangkan As Salam dalam pengertian kedua adalah, Allah adalah Dzat yang selamat dari segala sifat-sifat tercela. Selamat dari semua tandingan dari apa saja yang menyerupai dari makhluk-Nya.

7. Al Mu'min

Artinya Yang Memberi keamanan Dia-lah yang memberikan jaminan keamanan kepada semua makhluk. Tak ada satu pun dari makhluk-Nya yang Dia biarkan tanpa adanya penjagaan dan keamanan.

8. Al Muhaimin

Artinya yang mengawasi atau Yang memelihara. Allah adalah Dzat yang Maha Mengawasi segala sesuatu, yang mengawasi perkara-perkara yang tersembunyi maupun juga rahasia-rahasia di dalam dada, dimana Ilmu-Nya meliputi segala sesuatu. Allah adalah Dzat yang Maha memelihara semua makhluk yang Dia ciptakan. Semua makhluk berada dalam pemeliharaan dan pengawasan-Nya.Sekali-kali Allah tak menciptakan makhluk lalu membiarkannya begitu saja.

9
. Al 'Aziz

Artinya Yang Maha Mengalahkan. Allah adalah Dzat yang mengalahkan semua kekuatan yang ada di bumi dan yang ada di-langit. Bahkan kekuatan itu sendiri sebenarnya bersumber dari kekuatan Allah. Dikatakan Allah Al 'Aziz adalah Dia tak tertandingi. Kekuatan-Nya mengalahkan semua kekuatan yang ada.

10
. Al Jabbaar

Artinya Yang Maha Perkasa. Al Jabbaar berkaitan erat dengan Al 'Aziz. Dikatakan Allah Maha Perkasa sebab kekuatan dan kekuasaannya terhadap makhluk tak terkalahkan. Keperkasaan Allah meliputi segala hal. Disinilah terlihat sekali bahwa makhluk begitu kecil dihadapan-Nya.
( BERSAMBUNG )

Penyebab Terputusnya Silaturrahim

Ada duapuluh faktor yang menyebabkan terputusnya silaturrahim, di antaranya ialah:

1 - Ketidaktahuan seseorang terhadap akibat buruk yang akan dideritanya dalam kehidupan dunia maupun akhirat akibat memutuskan silaturrahim, telah menyebabkannya melakukan pemutusan silaturrahim ini. Sebagaimana juga ketidaktahuan seseorang tentang keutamaan silaturrahim, membuat dia malas dan kurang semangat melakukannya.

2 - Orang yang melemah ketakwaan serta agamanya, maka dia tidak akan peduli dengan perbuatannya yang memotong sesuatu yang mestinya disambung. Dia tidak pernah tergiur dengan pahala silaturrahim yang dijanjikan Allah serta tidak merasa takut dengan akibat dari pemutuskan silaturrahim ini.

3
- Sebagian orang, jika sudah mendapatkan kedudukan yang tinggi , dia berubah sombong kepada keluarga dekatnya. Dia menganggap ziarah kepada keluarga merupakan kehinaan, begitu juga usaha merebut hati mereka, dianggapnya sebagai kehinaan. Karena ia memandang, hanya dirinya saja yang lebih berhak untuk diziarahi dan didatangi.

4 - perpisahan yang lama. Ada juga orang yang terputus komunikasi dengan keluarga dekatnya dalam waktu yang lama, sehingga dia merasa terasingkan dari mereka. Mula-mula dia menunda-nunda ziarah, dan itu terulang terus sampai akhirnya terputuslah hubungan dengan mereka. Dia pun terbiasa dengan terputus dan menikmati keadaannya yang jauh dari keluarga.

5 - Ada sebagian orang, jika dikunjungi oleh sebagian anggota keluarganya setelah terpisah sekian lama, dia menghujani saudaranya itu dengan hinaan dan celaan. Karena dinilai kurang dalam menunaikan haknya dan dinilai terlambat dalam berkunjung. Akibatnya, muncul keinginan menjauh dari orang yang suka mencela ini dan merasa takut untuk menziarahinya lagi karena khawatir dicela.

6 - Ada orang, jika dikunjungi oleh sanak familinya, dia terlihat membebani dirinya untuk menjamunya secara berlebihan. Dikeluarkannya banyak harta dan memaksa diri untuk menghormati tamunya, padahal dia kurang mampu. Akibatnya, saudara-saudaranya merasa berat untuk berkunjung kepadanya karena khawatir menyusahkan tuan rumah.

7
- Ada orang, jika dikunjungi oleh saudaranya, dia tidak memperlihatkan kepeduliannya. Dia tidak memperhatikan omongannya. Bahkan kadang dia memalingkan wajahnya saat diajak bicara. Dia tidak senang dengan kedatangan mereka dan tidak berterima kasih. Dia menyambut para pengunjung dengan berat hati dan sambutan dingin. Ini akan mengurangi semangat untuk mengunjunginya.

8
- Ada sebagian orang, jika diberi rezeki oleh Allah berupa harta atau wibawa, dia akan lari menjauh dari keluarga dekatnya, bukan karena ia sombong. Dia lebih memilih menjauhi mereka dan memutuskan silaturrahim daripada membukakan pintu buat kaum kerabatnya, menerima mereka jika bertamu, membantu mereka sesuai dengan kemampuan dan meminta maaf jika tidak bisa membantu. Padahal, apalah artinya harta jika tidak bisa dirasakan oleh kerabat!

9 - Terkadang ada harta warisan yang belum dibagi di antara ahli waris; entah karena malas atau karena ada yang membangkang. Semakin lama penundaan pembagian harta warisan, maka semakin besar kemungkinan akan menyebarnya permusuhan dan saling membenci di antara mereka. Karena ada yang ingin mendapatkan haknya untuk dimanfaatkan, ada juga ahli waris yang keburu meninggal sehingga ahli warisnya sibuk mengambil haknya mayit yang belum diambilnya, sementara yang lain mulai berburuk sangka kepada yang lainnya. Akhirnya perkara ini menjadi ruwet dan menjadi kemelut yang mengakibatkan perpecahan serta membawa kepada pemutusan silaturrahim.

10 - Sebagian orang bekerjasama dengan saudaranya dalam suatu usaha atau PT tanpa ada kesepakatan yang jelas. Ditambah lagi, dengan tidak adanya tranparansi. Usaha ini terbangun hanya berdasarkan suka sama suka dan saling mempercayai. Jika hasilnya mulai bertambah serta wilayah usahanya semakin melebar, mulai timbul benih perselisihan, perbuatan zhalim mulai mengemuka dan mulai timbul prasangka buruk kepada yang lain. Terutama jika mereka ini kurang bertakwa dan tidak memiliki sifat itsar (yaitu sifat lebih mendahulukan orang lain daripada dirinya), atau salah seorang di antara mereka keras kepala atau salah seorang di antara mereka ini lebih banyak modalnya dibandingkan yang lainnya. Dari suasana yang kurang sehat ini, kemudian hubungan semakin memburuk, perpecahan tak terelakkan, bahkan mungkin bisa berbuntut ke pengadilan. Akhirnya di persidangan mereka saling mencela.

Allah berfirman:

“Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebagian mereka berbuat zhalim kepada sebagian yang lain, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang shalih; dan amat sedikitlah mereka ini.” (QS. Shaad: 24)

11 - Orang yang rakus dunia seakan tidak memiliki waktu lagi untuk menyambung silaturrahim dan untuk berusaha meraih kecintaan kerabatnya.

12
- Kadang perceraian tak terelakkan antara suami istri yang memiliki hubungan kerabat. Ini menimbulkan berbagai macam kesulitan bagi keduanya, entah disebabkan oleh anak-anak atau urusan-urusan lain yang berkaitan erat dengan perceraian atau sebab yang lain.

13 - Kadang ada keluarga yang berjauhan tempat tinggalnya dan jarang saling berkunjung, sehingga merasa jauh dengan keluarga dan kerabatnya. Jika ingin berkunjung ke kerabat, tempat ia yang tuju itu terasa sangat jauh. Akhirnya jarang ziarah.

14 - Rumah yang berdekatan juga bisa mengakibatkan keretakan dan terputusnya silaturrahim. Diriwayatkan dari Umar bin Khaththab radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “Perintahkanlah kepada para kerabat agar saling mengunjungi bukan untuk saling bertetangga.” Al Ghazali mengomentari perkataan Umar ini, “Beliau mengucapkan perkataan ini, karena bertetangga bisa mengakibatkan persaingan hak. Bahkan mungkin bisa mengakibatkan rasa tidak suka dan pemutusan silaturrahim.” Aktsam bin Shaifi mengatakan, “Tinggallah di tempat yang berjauhan, niscaya kalian akan semakin saling mencintai.” Kadang juga, kedekatan ini menimbulkan masalah. Misalnya, problem yang terjadi antara anak dengan anak bisa merembet melibatkan orang tua. Masing-masing membela anaknya, sehingga menimbulkan permusuhan dan menyebabkan pemutusan silaturrahim.

15 - Ada sebagian orang yang tidak sabar dalam menghadapi masalah kecil dari kerabatnya. Terkadang hanya disebabkan oleh kesalahan kecil, dia segera mengambil sikap untuk memutuskan silaturrahim.

16 - Saat salah seorang kerabat memiliki acara walimah atau lainnya, dia mengundang kerabatnya, baik dengan lisan, lewat surat undangan atau lewat telepon. Saat memberikan undangan ini, kadang ada salah seorang kerabat yang terlupakan. Sementara yang terlupakan ini orang yang berjiwa lemah atau sering berburuk sangka. Kemudian orang yang berjiwa lemah ini menafsirkan kealpaan kerabatnya ini sebagai sebuah kesengajaan dan penghinaan kepadanya. Buruk sangka ini menggiringnya untuk memutuskan silaturrahim.

17
- Kadang ada orang yang Allah anugerahkan padanya ilmu, wibawa, harta atau kecintaan dari orang lain. Dengan anugerah yang disandangnya, ia membantu kerabatnya serta melapangkan dadanya buat mereka. Karena perbuatan yang baik ini, kemudian ada di antara kerabatnya yang hasad kepadanya. Dia menanamkan bibit permusuhan, membuat kerabatnya yang lain meragukan keikhlasan orang yang berbuat kebaikan tadi, dan kemudian menebarkan benih permusuhan kepada kerabat yang berbuat baik ini.

18 - Sering bergurau memiliki beberapa efek negatif. Kadang kala ada kata yang terucap dari seseorang tanpa memperdulikan perasaan orang lain yang mendengarnya. Perkataan menyakitkan ini kemudian menimbulkan kebencian kepada orang yang mengucapkannya. Fakta seperti ini sering terjadi di antara kerabat karena mereka sering berkumpul. Ibnu Abdil Baar mengatakan, “Ada sekelompok ulama yang membenci senda gurau secara berlebihan. Karena akibatnya yang tercela, menyinggung harga diri, bisa mendatangkan permusuhan serta merusak tali persaudaraan.”

19
- Terkadang ada orang yang memiliki hobi merusak hubungan antar kerabat –iyadzan billah. Orang seperti ini sering menyusup ke tengah orang-orang yang saling mencintai. Dia ingin memisahkan dan mencerai-beraikan persatuan, serta mengacaukan perasaan hati yang telah menyatu. Betapa banyak tali silaturrahim terputus, persatuan menjadi berantakkan disebabkan oleh fitnah. Dan merupakan kesalahan terbesar dalam masalah ini, yaitu percaya dengan fitnah.

20 - Terkadang seseorang diuji dengan istri yang berperangai buruk. Sang istri tidak ingin perhatian suaminya terbagi kepada yang lain. Dia terus berusaha menghalangi suami agar tidak berziarah ke kerabat. Di hadapan suami, istri ini memuji kedatangan kerabat mereka ke tempat tinggal suami dan menghalangi suami untuk bertamu ke kerabatnya. Sementara itu, ketika menerima kunjungan dari kerabat, dia tidak memperlihatkan wajah gembira. Ini termasuk hal yang bisa menyebabkan terputusnya silaturrahim. Ada juga suami yang menyerahkan kendali kepada istrinya. Jika istri ridha kepada kerabat, dia menyambung silaturrahim dengan mereka. Jika istri tidak ridha, maka dia akan memutuskannya. Bahkan sampai-sampai sang suami tunduk kepada istrinya dalam berbuat durhaka kepada kedua orang tuanya, padahal keduanya sangat membutuhkannya.

Demikian beberapa sebab yang bisa memutuskan tali silaturrahim. Sebagai orang yang beriman, kita harus menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan terputusnya tali silaturrahim ini. oleh karena itu, hendaklah kita menjaga silaturrahim, memupuknya, serta mencari sarana-sarana yang bisa mengokohkannya, agar tidak terkikis oleh derasnya arus budaya yang merusaknya.

Selasa, 01 Juni 2010

Mengungkit Ungkit Pemberian

Engkau memberi sedekah tetapi kemudian menyebut - nyebut amalmu itu di hadapan orang dan menyebut pula sifulan yang engkau beri, maka perbuatanmu itu adalah dosa besar.

Imam Ibnu Katsir mengatakan,"Artinya janganlah kalian membatalkan pahala sedekah kalian dengan menyakiti dan mengungkit-ungkitnya, sebagaimana tidak bernilainya sedekah orang riya. Orang yang riya adalah yang menampakkan sikap dihadapan orang lain bahwa dia ikhlas dalam beramal, padahal maksud sebenarnya adalah agar dia dipuji oleh orang lain atau agar tenar dengan sifat-sifat terpuji sehingga banyak orang yang mengagumi. Atau agar disebut sebagai orang dermawan dan maksud-maksud keduniawian lainnya. Orang yang riya tidak memiliki perhatian untuk taat kepada Allah, mencari ridha-Nya dan mengharap pahala-Nya yang berlimpah. Oleh karena itu, Allah berfirman yang artinya, "Dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari akhir." (QS. Al-Baqarah:164).

Yang namanya sedekah atau apa pun bentuknya jika engkau lakukan tanpa pamrih, maka itulah yang dinilai Allah sebagai amal mulia. Allah akan membalasmu dengan pahala berlipat ganda.Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian menghilang (pahala) sedekah kalian dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima). QS. Al Baqarah 264


Sabda Rasulullah saw. yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Daud, At Turmudzi, An Nasai dan Ibnu Majah dari Abu Dzar:

Ada tiga golongan dimana Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka pada hari kiamat dan tidak (pula) mensucikan mereka, dan bagi mereka adzab yang pedih, maka Rasulullah saw. membaca ayat 77 dari surat Ali Imran tersebut di ulang tiga kali, lalu Abu Dzar berkata: Tiga golongan itu tertipu dan merugi, wahai Rasulullah! siapakah mereka itu?, Rasulullah menjawab: (yaitu) orang yang memanjangkan pakaiannya, karena sombong, orang yang menyebut-nyebut pemberiannya dan orang yang menawarkan barang dagangannya dengan sumpah palsu. HR. Imam Muslim, Abu Daud, At Turmudzi, An Nasai dan Ibnu Majah.

Tidak akan masuk surga orang yang menipu dan bakhil (pahit) serta orang yang biasa menyebut-nyebut pemberian. HR. Ahmad dan At Turmudzi

Mereka telah berpaling dari beribadah kepada Dzat yang ibadah tersebut mampu mendatangkan manfaat untuk mereka sendiri. Oleh karenanya, Allah palingkan hati mereka dari hidayah. Mengingat hal tersebut, Allah mengakhiri ayat diatas denagn firmannya, yang artinya,"Dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada orang-orang yang kafir." (Lihat tafsir As-Sa"di,hal 113-114)

Pengikut