"Lagu Panggilan Jihad.mp3"

Sabtu, 02 Oktober 2010

Fdhilah Asmaul Husna ( BAG 5 )

Asmaul Husna merupakan amalan yang bermanfaat dan mempunyai nilai yang tak terhingga tingginya. “Allah memiliki Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan (menyebut) nama-nama-Nya yang baik itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS. Al A’raf: 180) Katakanlah, “serulah Allah atau serulah ar Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu menyeru-Nya, maka bagi-Nya nama-nama yang baik.” (QS. Al Isra’: 110)


Sebelum membahas tentang rahasia dibalik nama nama Allah itu, kita kaji terlebih dahulu makna terdalam dari Asma'ul Husna satu persatu:


41. Al Hasiib


Artinya Maha menghitung. Dia-lah Allah Yang Maha menghitung semua hal yang berhubungan dengan makhluk-Nya dengan hitungan yang paling teliti dan dengan prinsip keadilan. Dalam hal apa pun Allah adalah Maha menghitung, bukan saja masalah amal perbuatan manusia namun juga pada hal-hal lain yang berhubungan dengan kehidupan makhluk-Nya.


42. Al Jaliil


Artinya Yang Mempunyai Kebesaran. Dia-lah Allah Dzat Yang Maha Agung dan Mulia.


43. Al Kariim


Artinya Yang Maha Mulia. Kemuliaan Allah Meliputi segala hal, baik dalam keagungan sifat-Nya maupun Dzat-Nya.


44. Ar Raqiib


Artinya yang Maha mengawasi. Allah adalah Dzat Yang selalu mengawasi semua makhluk ciptaan-Nya. Pengawasan Allah tak pernah lengah sebab Allah tak pernah tidur. Tak ada satu pun makhluk yang luput dari pengawasan-Nya.Atas dasar ini maka tak ada tempat yang bisa menyembunyikan makhluk dari pengawasan Allah.


45. Al Mujiib


Artinya Yang Maha Mengabulkan doa. Allah adalah Dzat yang Mengabulkan doa dan semua permintaan orang yang berdoa memohon kepada-Nya.Lewat firman-Nya Allah pun berjanji akan mengabulkan semua doa dari hamba-hamba-Nya.


46. Al Waasi'


Artinya Yang Maha Luas. Dia-lah Allah Dzat Yang Maha Luas kekayaan-Nya, luas ilmu-Nya, dan luas kekuasaan-Nya.


47. Al Hakiim


Artinya Yang Maha Bijaksana. Allah adalah Dzat Yang Bijaksana.Semua perbuatan dan keputusan-Nya adalah sebuah kebijaksanaan-Nya. Dia memerintahkan makhluk-Nya dengan bijaksana dan mengadili mereka dengan bijaksana pula.


48. Al Waduud


Artinya Maha Mencintai. Dia-lah Allah Yang Maha Mencintai semua makhluk-Nya. Cinta Allah kepada semua makhluk ciptaan-Nya melebihi kecintaan makhluk kepada-Nya.


49. Al Majiid


Artinya Maha Mulia dan Maha Luhur.


50. Al Baa'its


Artinya Yang Membangkitkan. Dia-lah Dzat yang akan membangkitkan semua manusia yang mati untuk hidup kembali di akhirat kelak.

1 komentar:

Pengikut