"Lagu Panggilan Jihad.mp3"

Selasa, 06 April 2010

NASIHAT BERHARGA BAG 1

1- Ada dua perkara yg tidak dapat diugguli, yaitu beriman kepada Allah swt. dan memberi manfaat kepada sesama muslim.

maksud memberi manfaat di sini ialah dalam bentuk perkataan atau nasihat, bantuan tenaga, pikiran, harta ataupun jabatan.

2- Siapa yang bangun pagi dan tidak berniat menzalimi seseorang, maka ia mendapat ampunan dosa. dan siapa yang bangun pagi lalu niat menolong orang yang dizalimi atau ia niat untuk mengabulkan hajat ( kebutuhan ) sesama muslim, maka ia memperoleh pahala seperti pahala haji mabrur.

3- Hamba yang sangat dicintai Allah ialah hamba yang sangat bermanfaat bagi sesama manusia, dan amal yang paling utama ialah menanamkan rasa iba di hati orang mukmin yang dapat menghilangkan rasa lapar (bagi seseorang) atau meringankan beban derita seseorang atau dengan melepaskan hutang seseorang. dan dua perkara yang sangat jelek dan tercela yaitu syirik kepada Allah Swt. dan mendatangkan petaka bagi sesama mukmin.

Maksud mendatangkan petaka bagi sesama mukmin ialah baik yang berkaitan dengan perkataan, perbuatan, harta benda maupun jabatan.

bagaimanapun juga agama kita selalu menganjurkan agar kita saling sayang menyayangi, cinta mencintai dan saling harga menghargai.

4- Hendaklah kalian duduk dengan ulama dan meresapi pembicaraan mereka yang bermutu (bijaksana), karena sesungguhnya Allah menghidupkan hati yang keras dengan cahaya hikmat, sebagaimana tanah yang gersang dapat menjadi subur karena air hujan.

5- Dekatilah orang-orang besar dan bertanyalah kepada orang-orang pandai serta bergaullah dengan orang-orang yang bijaksana (hukama).

6- suatu masa akan terjadi pada ummatku (Nabi Muhammad), semua melarikan diri dari ahli fiqih, kemudian Allah Swt akan menimpakan tiga bencana pada mereka:

a- Hilangnya keberkahan hasil usaha (mata pecaharian).
b- Dikuasai oleh penguasa yang zalim.
c- Keluar dari alam dunia (mati) tanpa disertai iman.

barangsiapa masuk kubur (mati) tidak membawa bekal bagaikan berlayar tanpa perahu, orang mati di dalam kubur tak ubahnya seperti orang tenggelam yang selalu mengharapkan pertolongan.

7- Dari Umar r.a, bahwa Nabi Saw. berkata kepada malaikat Jibril a.s, Ceritakan kepadaku tentang kebajikan umar!" Malakat Jibril berkata; seandainya air laut kujadikan sebagai tinta dan pepohonan sebagai pena, niscaya aku tidak dapat menghitungnya, Nabi berkata lagi, Ceritakan kepadaku kebajikan Abu Bakar r.a,!" Malaikat Jibril menjawab; Umar adalah salah satu kebajikan dari kebajikan-kebajikan Abu Bakar.

8- Menyasahkan diri semata-mata karena dunia adalah kegelapan hati. dan menyusahkan diri semata-mata karena akhirat adalah penerang dalam hati.

Kandungan statemen di atas bahwa berduka cita dalam hal-hal yang bersifat keduniaan akan menjadikan kegelapan hati seseorang, sedangkan berduka cita dalam hal-hal yang berhubungan dengan akhirat, hati akan menjadi terang, Ya allah, kami mohon, janganlah Engkau menjadikan penghidupan kami di dunia ini menjadi tujuan yang utama, tetapi jadikanlah itu sebagai jembatan menuju akhirat.

9- Barang siapa yang menuntut ilmu sama halnya ia mencari syurga, dan barang siapa yang berbuat maksiat/dosa sama halnya ia mencari neraka.Seseorang yang bersusah payah menuntut ilmu manfaat yang wajib diketahui orang-orang yang berakal, maka sesungguhnya ia mencari amal untuk syurga dengan ridha Allah Swt.dan barang siapa yang selalu berbuat dosa maka sama halnya ia mencari-cari pintu neraka dan berusaha memperoleh murka Allah Swt.

10- Orang pemurah itu tidak akan mendurhakai Allah dan tidaklah pengaruh akhirat akan dikalahkan oleh pengaruh dunia bagi orang yang bijaksana.

NASHAIHUL IBAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut